Yuk Jalan-Jalan Ke Museum Bank Indonesia

Sayang ya warga jarang yang mau memanfaatkan waktunya untuk jalan-jalan ke museum, mereka lebih suka menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan di mall. Padahal museum itu merupakan tempat bagus untuk lebih mengenalkan kita pada sejarah serta budaya. Salah satu museum yang bisa kamu kunjungi di Jakarta adalah Museum Bank Indonesia yang terletak di kawasan kota tua Jakarta.

Gedung Museum Bank Indonesia ini dulunya merupakan bekas rumah sakit pada masa pemerintahan kolonial Belanda saat masa penjajahan di . Selain keindahan arsitektur bangunannya, pengunjung dapat menikmati berbagai koleksi mata uang dari Indonesia maupun mancanegara. Museum Bank Indonesia terletak di Jl. Pintu Besar Utara No.3, Jakarta Barat (depan stasiun Beos Kota), dengan menempati area bekas gedung Bank Indonesia Kota yang merupakan cagar budaya peninggalan P Javasche Bank serta dibangun pertama kali pada tahun 1928.

Museum ini awalnya merupakan sebuah rumah sakit Binnen Hospitaal, lalu kemudian digunakan menjadi sebuah bank yaitu P Javashe Bank (DJB) pada tahun 1828. Lalu setelah kemerdekaan yaitu pada tahun 1953, bank ini di-nasionalisasikan menjadi bank sentral Indonesia atau Bank Indonesia. Tapi tidak lama, yaitu tahun 1962,

Bank Indonesia pindah ke gedung yang baru. Gedung ini dibiarkan kosong, namun dewan gubernur BI menghargai nilai sejarah yang tinggi atas gedung tersebut, sehingga memanfaatkan serta melestarikannya menjadi Bank Indonesia. Museum ini diresmikan pada 15 Desember 2006 oleh gubernur BI, Burhanuddin Abdullah.

Ketika memasuki museum ini, suasana mewah nan modern langsung terasa. Kita akan dimanjakan dengan teknologi-teknologi super canggih yang menghiasi museum ini. Penyajiannya dikemas sedemikian rupa dengan memanfaatkan teknologi modern serta multi media, seperti display elektronik, panel statik, televisi plasma, serta diorama sehingga menciptakan kenyamanan pengunjung dalam menikmati Museum Bank Indonesia.

Selain itu terdapat pula fakta serta koleksi benda bersejarah pada masa sebelum terbentuknya Bank Indonesia, seperti pada masa kerajaan-kerajaan Nusantara, antara lain berupa koleksi uang numismatik yang ditampilkan juga secara menarik.

Museum Bank Indonesia pertama kali dibuka tanggal 15 Desember 2006 serta kini menawarkan berbagai fasilitas yang mungkin belum pernah ada di museum lain Indonesia, antara lain Ruang Peralihan yang berisi permainan interaktif menggunakan proyektor khusus dengan serangkaian mata uang melayang yang dapat ditangkap oleh pengunjung.

, , , , , , ,

, cerita, berita, fakta serta semua yang , aneh serta luar biasa di dalam sudut pandang yang positif serta optimis

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *