Upacara Melaspas, Ritual Pembuka Rumah di Indonesia

Pernah dengar yang namanya upacara melaspas khas Indonesia? ritual ini diadakan upacara adat untuk merayakan berdirinya sebuah rumah atau bangunan baru. Tak ketinggalan setiap mau menempati bangunan baru seperti rumah, kantor atau , upacara adat ini selalu diadakan.

Upacara Melaspas bermakna upacara yang bertujuan membersihkan serta menyucikan bangunan yang baru selesai dibangun/dibuat atau baru ditempati kembali, seperti rumah, kantor, toko, kandang serta lain lain.

Melaspas dalam bahasa Indonesia nya terdiri dari dua rangkaian kata Mlas artinya pemisah sedangkan Pas artinya cocok, sehingga kalau dijabarkan Melaspas adalah pembuatan bangunan terdiri dari dua unsur yang berbeda (kayu serta batu), lalu di satukan terbentuklah bangunan yang cocok atau layak untuk di tempati/didiami.

Bagi orang yang masih tinggal di pulau dewata, perayaan ini dimeriahkan oleh kehadiran kerabat serta tetangga yang bersama-sama membantu menyiapkan upacara tersebut. Mulai dari membawa sesaji yang berisi bunga untuk persembahan doa, hingga lantunan doa yang tak putus-putus dipimpin oleh pemuka agama.

Upacara Melaspas ini wajib dilakukan oleh Umat Hindu di Indonesia serta sudah menjadi tradisi secara turun temurun hingga saat ini. Kegiatan upacara ini diadakan agar orang yang akan menempati bangunan tersebut merasa tentram, kerasan/betah serta terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan (sakit, boros, marah marah, pertengkaran), dalam arti kata lain tidak tenang serta nyaman berada di tempat tersebut maka diadakan lah upacara Melaspas ini. Walaupun upacara melaspas ini merupakan salah satu upacara adat lazim dilakukan di indonesia, namun bersifat fleksibel serta tak wajib dilakukan terlebih lagi untuk yang berada di luar indonesia.

, Kupon, , , , , Tempat Makan, , , , , Makan Makan,

, cerita, berita, fakta serta semua yang , aneh serta luar biasa di dalam sudut pandang yang positif serta optimis

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *