Miru Kim, Gadis Telanjang Yang Hidup Bersama Babi

Miru Kim seorang seniman berdarah Korea asal New You are able to ini memang benar-benar membuat sebuah kontroversi. Ia mengeksplorasi semuanya melalui sebuah karya fotografi dengan berkeliling dunia. Namun bukan itu yang membuatnya terkenal melainkan ia menjalankannya tanpa selembar benang pun alias telanjang. Ia mengabadikan berbagai tempat dengan foto-foto indah namun ia juga menonjolkan sesuatu yang kontroversial yaitu tubuh polosnya tanpa selembar benangpun.

Foto-fotonya yang terangkum pada sebuah karya naked splendid city memang benar-benar dalam arti sebenarnya. Ia mulai mengabadikan tempat seperti Manhattan Bridge di New You are able to, saluran pembuangan di Prancis hingga reruntuhan di Istanbul, Turki, pasti ada dirinya berdiri tanpa busana. Ia juga berada dalam posisi yang tak aman serta seringkali tak mendapatkan izin dari aparat. Namun yang belum lama ini dilakukannya lebih kontroversial lagi.

Miru Kim membuat kejutan lagi yang membuat banyak orang terhenyak tak menyangka ia mampu melakukan itu semua. Ia merelakan diri untuk tidur telanjang, makan serta dipajang dalam kota kaca selama lebih dari 100 jam bersama puluhan babi. Melihat fotonya banyak orang yang bergidik ngeri, betapa tidak Miru Kim benar-benar merelakan dirinya berhimpitan bahkan bersentuhan langsung tanpa dibatasi apapun dengan babi-babi. Ia mengatakan bahwa hal itu dilakukannya untuk melawan rasa takut akan kegelapan, bahaya serta juga rasa jijik akan tempat kotor.

Karyanya ini diberi nama “I Love Pigs and Pigs Much Like MeInch. Dalam pembuatanya Miru Kim mengaku terinspirasi buku karya filosofis asal Prancis Michel Serres yang berjudul Five Senses: A Philosophy of Mingled Physiques. Nah buku tersebut mengupas mengenai karakter dari kulit. Ia memilih hewan babi dikarenakan ia mulai tertarik pada babi sejak saat masih berkuliah di Columbia College di New You are able to. memang seringkali melakukan apa saja untuk menuangkan identitasnya. Namun agaknya yang dilakukan oleh Miru Kim ini bertentangan dengan moral serta nilai susila.

Sources =

, , , , , , , ,

? mau setiap hari ? mau

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *